Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Kecantikan Kulit Dan Rambut

Manfaat Tomat – Pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang berbagai manfaat tomat bagi kesehatan maupun bagi kecantikan kulit untuk anda semua yang belum mengetahui manfaat yang luar biasa dari tomat . Tomat adalah tumbuhan yang berasal Negara Amerika Selatan. 
manfaat tomat
Khasiat Buah TOmat
Kebanyakan orang terutama bagi ibu ibu yang sering memasak menggunakan tomat sebagai pelengkap masakan menganggap bahwa tomat merupakan sayaran yang berfungsi sebagai lalapan sayuran tetapi sebenarnya tomat masuk dalam golongan buah karena struktur dari tomat dan mempunyai daging serta biji yang aman dan baik jika ditelan. 

Buah tomat di tanah air sudah banyak sekali dibudidayakan oleh para petani sayur tetapi sebagian orang juga tidak menyukai tumbuhan tomat karena tomat memiliki ketahanan yang sangat lemah hingga buah tomat sangat mudah busuk. Untuk bisa membuat tomat tahan lama harus di bekukan dengan cara di taruh dikulkas atau lemari es. 

Kandungan Yang membuat Buah tomat memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan adalah kaya akan vitamin C dan air, dengan kandungan itu juga mampu membantu memelahara fungsih organ penting dalam tubuh serta mampu melancarkan system peredaran darah dalam tubuh. Vitamin C dan air jika dikolaborasikan akan memberikan manfaat untuk kecantikan kulit dengan cara mengecilkan pori-pori serta dapat mencerahkan kulit kusam.

Buah tomat tidak hanya bisa digunakan sebagai pelengkap masakan dapur buat ibu ibu rumah tangga atau pun untuk lalapan, ternyata buah tomat juga dapat dijadikan masker untuk perawatan wajah yang mampu mengatasi segala permasalahan kulit wajah dan menjaga kesehatan kulit wajah sehingga anda bisa mendapatkan kulit wajah yang berseri cantik alami dengan masker tomat tersebut.

Manfaat Tomat Bagi Kesehatan Jika Rutin Dikonsumsi

khasiat tomat

Bagi sebagian orang mungkin telah mengetahui apabila manfaat tomat bisa dijadikan sebagai masker kecantikan alami tetapi tidak hanya itu juga manfaat tomat yang bisa kita dapatkan. Buah tomat memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan hal ini seperti yang telah diungkapkan oleh para dokter tentang berbagai manfaat yang bisa didapatkan dari buah tomat untuk kesehatan tubuh.

Untuk itu kami akan memberikan informasi kepada anda semua sepuar manfaat buah tomat yang sangat baik untuk kesehaan tubuh bahkan untuk kecantikan kulit yang bisa dibuat menjadi masker tomat untuk mencerahkan kulit wajah dan menjaga kecantikan wajah.

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan

manfaat buah tomat

1.Mencegah Penyakit Kanker

Buah tomat memiliki manfaat yang luar biasa untuk mencegah penyakit kanker, karena didalam buah tomat memiliki kandungan antioksidan yang berfungsi untuk menangani dan mencegah beberapa penyakit serius seperti kanker ,,usus besar, paru-paru dan kanker payudara.

Berdasarkan penelitian memberikan penyataan yang dimuat dalam Journal Of The National Cancer Insttitute mengatakan hubungan antara konsumsi tomat dengan penurunan risiko kanker. Di mana dari 72 penelitian, terdapat 52 penelitian yang menyatakan bahwa konsumsi tomat dengan jumlah tepat dan cukup dapat menurunkan risiko kanker pankreas, payudara, usus besar (pencernaan), juga leher rahim

2.Menurunkan berat badan

Bagi anda yang memiliki berat badan yang berlebihan tentunya anda akan berusaha untuk menurunkannya. Bahkan untuk mendapatkan hasil dari menurunkan berat badan tentu saja anda harus berusaha dengan keras dengan berbagai upaya seperti olahraga dan menjaga pola makan sampai mengurangi mengkonsumsi jenis makanan tertentu untuk menghindari berat badan semakin tinggi.

Nah buat kamu yang ingin menunrunkan berat badan tentu saja anda bisa mengkonsumsi buah tomat ini untuk membantu anda dalam menurunkan berat badan. Baiknya anda mulai rutin untuk mengkonsumsi buah tomat sebelum melakukan latihan atau olahraga, karena tomat tidak mengandung lemak, justru sebaliknya rendah lemah dan kaya akan karbohidrat, kalori dan protein. Ketiga kandungan ini berperan penting untuk mengatasi permasalahan berat badan. Untuk mulai menurunkan berat badan anda bisa melakukan olahraga rutin seperti berlari , gym dan lain lain.

3.Pembentukan Otot Untuk Mendapatkan Tubuh Ideal Bagi Pria

Mungkin bagi anda seorang pria yang memiliki tubuh kurus bakal kurang percaya diri dan tidak terlalu bisa menarik perhatian dari para wanita yang kebanyakan lebih tertarik dengan lelaki yang memiliki postur atau bentuk tubuh yang ideal. 

Bagi anda yang menginginkan bentuk tubuh yang ideal dari sekarang mulailah untuk melatih tubuh anda dengan cara mengangkat beban. Selain itu anda juga harus tau bahwa istirahat yang cukup juga termasuk cara untuk mendapatkan tubuh yang ideal karena disaat orang tidur, otot yang rusak akan kembali disusun ulang dengan bentuk yang lebih sempurna.  

Tidak hanya itu, pembentukan otot yang baik juga dipengaruhi oleh beberapa jenis makanan yang salah satunya adalah bah omat. Dengan kandungan yang kaya protein alami dalam tomat bisa dikonsumsi sebelum dan setelah latihan pembentukan otot atau untuk mendapatkan postur tubuh yang ideal. 

4.Penangka Radikal Bebas

Berdasarkan para ahli medis kesehatan mengatakan bahwa Kandungan senyawa flavonoid dan juga zeaxanhin sangat baik untuk menangkal radikal bebas, dan kedua senyawa tersebut terkandung dalam buah tomat.

5. Menjaga Tulang dan Gigi

Ketika terjadi proses pembentukan tulang, kalsium amatlah penting untuk mendapatkan tulang yang sempurna, nah buah tomat merupakan salah satu penyuplai kalsium yang dapat memelihara tulang dari keroposan.

6. Mengontrol Kolesterol Jahat

Didalam tubuh terdapat 2 jenis kolestrol, yang pertama adalah Kolesterol Baik atau HDL dan yang kedua adalah kolestrol Jahat atau LDL. Bagi anda yang sering mengalami tekanan darah tinggi, mungkin ini disebabkan oleh kadar koleserol jahat yang lebih banyak dari kolesterol baik atau HDL, sedangkan untuk menghindari tekanan darah tinggi tersebutkolesterol baik atau HDL harus Lebih Banyak daripada Kolesterol jahat atau LDL.

Ada beberapa cara untuk bisa mengontrol kolesterol jahat agar tidak menyebabkan darah tinggi salah satunya adalah dengan cara mengkonsumsi buah tomat secararutin. Tomat mengandung mineral yang membantu mengatur jumlah kolesterol yang beredar dalam darah. 

7. Menjaga Kesehatan Mata

Kebanyakan orang yang mengalami mata minus akan disarankan untuk rutin mengkonsumi tomat agar  mata tidak bertambah parah. Apakah anda tahu alasannya?

Buah tomat sudah terkenal dengan kandungan vitamin A yang tinggi, Nah kandungan vitamin A yang banyak ini jika dikombinaikan dengan nutrisi lain seperi niachin, thiamine, dan asam folat mampu menyembuhkan gangguan kesehatan mata.

8. Membantu Memenuhi kebutuhan vitamin harian dalam tubuh

Untuk memenuhi kebutuhan tubuh harian biasanya orang sering meminum minuman suplemen namun untuk anda yang malas minum suplemen maka anda bisa menggantinya dengan mengkonsumsi buah tomat secara rutin. 

Buah tomat yang anda kosumsi akan memberikan 20% kebutuhan gizi harian yang dibutuhkan tubuh anda. Berdasarkan USDA , Nutrisi yang terkandung dalam buah tomat sangat diperlukan organ tubuh agar organ tubuh berfungsi dengan baik.

9. Mengontrol kadar gula darah dalam tubuh

Kadar gula darah dalam tubuh yang berlebihan akan menyebabkan resiko terkena diabetes semakin besar, untuk itu anda perlu mengontrol kadar gula darah dalam tubuh , salah satunya adalah mengkonsumsi buah tomat, karena salah satu manfaat tomat yang luar biasa adalah mampu mengontrol kadar gula darah didalam tubuh itu berkat kandungan kromium yang ada dalam setiap buah tomat. 

Manfaat Tomat Untuk Kecantikan Kulit 

Manfaat tomat tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh manusia tetapi juga sangat baik untuk menjaga kecantikan kulit. Berikut Manfaat dari buah tomat untuk kecantikan kulit:

1.  Buah Tomat Mencerahkan Kulit Wajah
 Memiliki kulit wajah yang kusam tentu saja membuat anda tidak percaya diri, nah untuk anda yang mengidam idamkan untuk memiliki kulit wajah yang cerah secara alami, anda bisa menggunakan buah tomat untuk mendapatkan kulit yang cerah dengan cara yang sangat mudah dan bisa anda lakukan sendiri dirumah. Berikut caranya

Cara mencerahkan kulit wajah alami dengan buah tomat:
  • Siapkan buah tomat secukupnya, kemudian iris tebal
  • usapkan irisan tomat keseluruh bagian wajah hingga merata.
  • Lakukan cara ini seara rutin selama satu minggu. 
  • Dan lihat perubahan kulit wajah anda yang kusam lama kelaman mulai tampak bersih bersinar dan cerah sehat alami
2.  Mengecilkan Pori Pori dan Mengencangkan Kulit Wajah
Untuk bisa mengencangkan kulit wajah dan mengecilkan pori pori dapat dilakukan dengan cara membuat masker tomat untuk wajah. Caranya sebagai berikut:
  • Siapkan beberapa buah tomat secukupnya dan bersihkan 
  • Haluskan buah tomat yang sudah dibersihkan
  • setelah halus tambahkan 1sdm air 
  • usahkan jus tomat ke wajah secara merata menunakan kapas
  • pijat permukaan kulit wajah hingga merata selama 15 menit
3. Merawa Kesehatan Kulit
Untuk menjaga kulit agar tetapi sehat selain menggunakan minyak zaiun bisa juga dengan menggunakan buah tomat. Minyak yang terkandung dalam biji tomat damat merawat kesehatan kulit serta melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan penuaan dini.  Di beberapa klinik kecantikan, minyak biji tomat sering digunakan untuk mengobati kondisi kulit yang mengalami kerusakan seperti eksim, psoriasis, kering, dan rusak.

Anda bisa menggunakan minyak biji tomat secukupnya untuk memijat bagian kulit yang diinginkan. Lakukan perawatan menjelang tidur dan jangan langsung dibersihkan pada malah hari itu juga, melainkan ketika Anda sudah terbangun dari lelap.

4. Menghilangkan jerawat
Pada sejumlah obat jerawat yang terjajahkan di salon atau klinik kecantikan, pada tabel kandungan terlihat rata-rata memerlukan bantuan vitamin A dan C. Jika Anda ingin membeli obat jerawat semacam salep, lebih baik jangan dulu karena masih ada tomat yang memberikan kedua nutrisi tersebut.

Selain Vitamin A dan C, tomat juga mengandung banyak asam yang dapat menghilangkan jerawat dan mengatasi kulit ruam kemerahan. Pada kondisi jerawat yang kecil, Anda hanya perlu menggosokkan potongan tomat segar pada wajah atau bisa juga dijadikan masker selama satu jam.

5. Menjaga Anda tetap awet muda
Salah satu rahasia awet muda para artis cantik papan atas adalah buah tomat. Di waktu luang Anda bisa mencoba melakukan serangkaian kegiatan yang sifatnya skin treatment dengan menggunakan tomat sebagai bahan dasarnya.

Tomat dapat memperlambat penuaan dengan menyerap oksigen secara maksimal. Anda hanya perlu melakukan perawatan tersebut secara rutin di waktu luang, bisa pagi atau malam hari.

6. Mengatasi permasalahan kulit berminyak
Produksi sebum berlebih dapat membuat wajah dipenuhi minyak dan bila terlihat dari jauh menjadi berkilau. Apabila tidak segera diatasi beragam masalah lain siap hadir juga pada wajah Anda, seperti jerawat, flek hitam, dan bahkan komedo.

Langkah mudah untuk mengatasi kulit berminyak dengan tomat adalah membuat jus dari 2 potong tomat yang dicampurkan dengan 4 sendok makan jus mentimun. Gunakan masker pada wajah dengan cara mengoles pakai kapas, kemudian diamkan hingga kering dan bilas sesudahnya. Jika rutin melaksanakannya, minyak pada wajah akan lebih terkontrol dan pori-pori ikut mengecil.

7. Melindungi kulit dari serangan ultraviolet
Sinar matahari yang langsung mengenai kulit dapat merusak struktur permukaan. Contoh masalah kulit yang terjadi akibat terlalu sering terkena terpaan cahaya matahari adalah kering, bersisik, busik, dan kusam. Jika Anda memilik salah satunya, maka Anda perlu tahu bahwa tomat bisa digunakan sebagai tabir surya alami.

Di dalam tomat terdapat antioksidan bernama likopen yang beraktivitas sebagai pelindung kulit dari sinar UV. Sebelum pergi ke kantor, Anda bisa konsumsi segelas jus tomat, hal ini membantu perlindungan dari dalam. Jangan lupa berikan juga krim tabir surya bermerek yang cocok untuk jenis kulit Anda.

8.  Menghaluskan kulit

Kulit yang halus menjadi aset berharga bagi setiap orang, khususnya wanita. Selain mendapat nilai plus di mata orang sekitar, kulit halus juga bisa menjadi investasi untuk masa depan. Banyak sekali model yang melakukan perawatan kulit agar halus dengan menggunakan tomat, apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Blender tomat dan campurkan dengan madu secukupnya hingga menjadi pasta tebal. Oleskan pada wajah secara merata, berikan pijatan relaksasi dengan gerakan melingkar. Terus lakukan hingga tomat yang sudah halus habis, barulah dibersihkan menggunakan air hangat. Jangan keluar rumah setelah menjalani perawatan untuk mencegah debu menempel pada permukaan wajah yang sudah bersih.

Selama ini pasti Anda hanya mengira bahwa satu-satunya bahan alami yang mampu mengatasi segala bentuk permasalahan terkait rambut adalah lidah buaya. Fakta tersebut memang tidak bisa disangkal, lidah buaya banyak membantu orang yang bermasalah dengan rambutnya.

Tetapi siapa sangka kalau tomat juga bersifat sama seperti lidah buaya, mampu memberi perlindungan lebih pada rambut karena mengandung vitamin A, B, C, dan E yang merupakan stimulan penting untuk memelihara rambut. Berikut ini manfaat tomat untuk kesehatan rambut.

Manfaat Tomat Untuk Rambut

1.Membersihkan kotoran pada rambut

Keramas saja tidak cukup untuk membersihkan noda yang menempel pada helai rambut. Anda bisa menggunakan tomat untuk membantu menghilangkan kotoran yang melekat pada rambut.

Caranya, buat jus tomat dan oleskan pada rambut secara merata. Gosok rambut secara perlahan beberapa kali, kemudian diamkan 20 menit lamanya. Terakhir, bilas dengan air bersih dan gunakan shampo untuk keramas dan pastikan agar jus tomat bersih dari rambut.

2. Mengatasi rambut rontok

Meski belum banyak membuahkan hasil, banyak orang yang yakin bahwa penggunaan tomat untuk rambut dapat mengurangi kerontokan rambut. Jika Anda ingin membuatnya, coba lakukan pemeriksaan dulu pada dokter apakah jenis rambut Anda sensitif atau tidak jika diberi perawatan alami dengan tomat.

3. Kondisioner alami

Banyak orang yang tidak sadar bahwa di sekelilingnya banyak tumbuhan yang bisa dimanfaatkan untuk sehari-hari, misalnya kondisioner dari tomat. Selama ini kita hanya disuguhkan dengan iklan kondisioner alami yang sudah dimasukkan dalam botol kemasan, tidak tahu apakah khasiatnya sebaik yang alami atau tidak.

Untuk membandingkan kualitasnya, Anda bisa mengganti kondisioner dengan tomat selama beberapa hari dan lihatlah hasilnya. Dengan minyak tomat rambut akan terbebas dari kusut dan kerontokan.

4. Menghilangkan bau kulit kepala

Bau pada kulit kepala sangat jarang terjadi, karena mengetahui faktor pemicunya yang memang hampir tidak pernah kita lakukan. Tetapi siapa tahu suatu saat Anda mengalami problem semacam ini, berikut cara menghilangkan bau kulit kepala dengan tomat.

Buat tomat dan saring airnya. Siramkan air pada rambut dan beri pijatan pada kulit kepala selama beberapa menit, sehabis itu diamkan mengering 30 menit lamanya. Jika sudah, cuci rambut dengan shampo wangi seperti biasa.

5.  Menguatkan rambut

Rambut yang tidak sehat akan mudah rapuh dan patah, karena itu Anda butuh sesuatu yang bisa menguatkan akar rambut. Apa? Ya, tomat.

Tomat bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda yang bermasalah dengan rambut patah dan rapuh. Dengan mengoleskan masker tomat secara rutin, rambut akan lebih kuat, lembab, dan terbebas dari kekeringan.

6.  Menghilangkan ketombe

Ketombean membuat seseorang malu untuk menggunakan baju berwarna gelap, karena warna gelap bisa membuat ketombe yang menempel pada pakaian terlihat jelas. Selain itu ketombe juga membuat seseorang tidak pede untuk pergi keluar, apalagi berkumpul sama teman.

Agar Anda bisa bertingkah seperti biasa, segera hilangkan ketombe tersebut. Gunakan saja tomat yang mampu mengusir ketombe dan mengurangi rasa gatal akibat bercak putih tersebut. Tomat mengandung vitamin C tinggi yang berjuang untuk membasmi ketombe dan menyediakan kolagen untuk kulit kepala Anda. 

Caranya adalah sebagai berikut:
§  Tumbuk tiga potong tomat segar.
§  Tambahkan 2 sendok makan jus lemon dan aduk hingga berbentuk pasta halus.
§  Usapkan secara perlahan pada kulit kepala, hindari menggaruk kepala dengan kuku.
§  Diamkan selama 30 menit, terakhir bilas rambut dengan air dan biarkan agar mengering dengan sendirinya.

7. Memancarkan kilau rambut

Jika rambut sehat dan bersih, pasti warna rambut akan terlihat bersinar. Anda bisa mewujudkan impian tersebut cukup dengan menggunakan tomat yang diolah dengan benar, berikut ini caranya.

Siapkan 3 potong tomat matang, kupas kulit dan buang bijinya. Tomat yang sudah diolah tadi Anda peras hingga airnya keluar dan membasahi rambut. Beri pijatan hingga menyerap ke dalam kulit kepala, setelah itu diamkan satu jam dan bersihkan jika sudah waktunya.

Demikian Artikel kesehatan seputar manfaat tomat untuk kesehatan kali ini. semoga bermanfaat.

Referensi: Manfaat Buah Tomat

Manfaat Tomat Untuk Kesehatan Kecantikan Kulit Dan Rambut Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown